Piramida Kebutuhan, Benarkah sanadnya Sampai ke Abraham Maslow?

Kali ini tentang piramid kebutuhan hidup (juga kerap disebut Hirarki) Maslow. Setahun lalu, partner in crime saya mengajar di Program Magister Manajemen Prasetiya Mulia, mas Jalal, mengirimi saya sebuah artikel yang terbit di jurnal Academy of Management Learning & Education 2019, Vol. 18, No. 1, 81–98. Judulnya Who Built Maslow’s Pyramid?,
A History of the Creation of Management Studies’ Most Famous Symbol and Its Implications for Management Education, ditulis oleh Todd Bridgman dan Stephen Cummings (Victoria University of Wellington, New Zealand) dan John Ballard (Mount St. Joseph University, Cincinnati, Ohio).
Menariknya, piramid Maslow yang banyak dikutip oleh pakar SDM dan motivator di se-antero negeri +62 ini, ternyata bukan dibuat oleh tuan Maslow. Ketiga penulis itu, pada bagian akhir tulisannya menyimpulkan, Abraham Maslow tidak pernah menggambarkan berbagai kebutuhan itu sebagai piramida, dan penulis pertama yang membuat piramida tidak dapat diketahui dengan pasti.
Taraaaaaa ...
Mengetahui hal ini, saya jadi semakin paham, mengapa Imam Bukhari, Imam Muslim dan sejumlah perawi hadits, memerlukan datang dari tempat yang jauh menuju tanah Arabia, untuk menelusuri sanad-sanad hadits yang mereka riwayatkan, sampai kepada penutur pertama, kanjeng nabi Muhammad SAW. Para perawi hadits yang hingga kini kitab-kitabnya menjadi rujukan umat Islam dalam mengambil keputusan dalam ibadah maupun kehidupan bermasyarakat, benar-benar ingin mendapatkan informasi yang benar, yang bersumber dari ucapan dan tindakan sang nabi akhir zaman itu.
Di tengah semakin mudahnya informasi disebarkan dari satu gadget ke gadget lainnya, multi-platform, kita pun perlu menelusuri jejak-jejak informasi yang sampai kepada kita, sebelum merespon, apalagi menyebarkannya. Jangan sampai kita terjebak, dan menjadikan diri kita bagian dari penyebar berita bohong ...


Comments

  1. Baru tahu ternyata selama ini ada salah pemahaman tt maslow...hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment